Menenangkan Pikiran dengan "Pelukan"

Ternyata pelukan yang merupakan aktivitas sederhana sangatlan bermanfaat.
Manfaat yang dapat kita peroleh:
- menurunkan emosi
- Menenangkan pikiran
- Perasaan nyaman

Sentuhan fisik pelukan bisa merangsang keluarnya hormon endomorfin, hormon yang berperan menenangkan pikiran.

Menurut androlog dari RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Dyan Pramensti SPAnd Mkes, pelukan merupakan salah satu bentuk sentuhan positif antara dua insan. Saat tubuh merasakan sentuhan, neurotransmitter di otak akan mengirimkan hormon endomorfin ke dalam aliran darah dengan jumlah yang cukup besar. Hormon tersebut mampu menurunkan ketegangan saraf dan tekanan darah.
Bahkan, pada dua orang yang tidak saling mengenal pun, pelukan tetap menghasilkan hormon endomorfin. Di beberapa negara seperti Jepang, ada yang menjadi sukarelawan untuk memeluk orang yang sedang stress.

Secara psikologis, mendapat pelukan juga bisa diartikan memperoleh dukungan. Hal tersebut bisa mendatangankan kekuatan bagi orang yang sedang sedih dan membuatnya lebih bahagia. Sebaliknya bagi orang yang memberikan pelukan, di sisi lain, aktifivitas sederhana tersebut bisa meningkatkan kepercayaan diri. Dengan memberikan pelukan, orang akan merasa dibutuhkan dan mampu memberikan empati.
Semakin sering seorang anak mendapat pelukan, makin sering dia mendapat perasaan nyaman. Hal tersebut membantu tumbuh kembang anak.

Cara pelukan yang bisa memberikan ketenangan, sebaiknya tidak dilakukan tergesa-gesa. Tatap mata pasangan hingga mendapat kepercayaan darinya. Kemudian peluklah secara total dengan menyentuhkan seluruh bagian tubuh yang memungkinkan. Tidak perlu lama-lama, karena produksi hormon endomorfin bisa bertahan beberapa waktu setelah pelukan dilepan.

Sumber : http://sehatsampaitua.blogspot.com/2010/08/manfaat-pelukan.html

jadi, saat teman QT sedang membutuhkan pelukan untuk menenangkan hati / pikiran, jangan segan untuk memberikan pelukan itu, mungkin saat itu dia benar-benar membutuhkannya [terutama bagi mereka yang jauh dari keluarga sehingga tidak bisa memeluk keluarga mereka]jangan malah diejek / dicaci, karna mungkin suatu saat kelak Qt juga membutuhkan pelukan itu.. tapi upz jangan sampai salah meluk yac.. hehehe
Share this article :

+ comments + 4 comments

13 Juni 2011 pukul 17.43

uenak peluk-pelukan ..hehehe

14 Juni 2011 pukul 14.41

Betul sekali bu........ Tapi dengan kondisi sosial dan budaya dimasyarakat kita, ruang lingkupnya terbatas. Tapi jika lelaki dan lelaki atau perempuan dan perempuan mungkin bisa lebih bisa diadaftasi. Jika berlainan jenis mungkin agak susah apalagi jika tidak mengenal sama sekali, bisa-bisa digampar.. he he he.

Mungkin pada anak atau kerabat dekat disekitar rumah/rumah tinggal. Baik juga.

Salam nan hangat.

14 Juni 2011 pukul 17.10

berarti teletubbies pikiranya tenang terus ya..dikit-dikit berpelukaaaannn! :D

16 Juni 2011 pukul 16.20

yaaaa betul.3X.
berpelukaaaaann ^_^

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | OPPOEST | Aik Aisah
Copyright © 2011. ais home - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Aik Aisah
Proudly powered by Blogger